KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT sehingga penyusunan makalah tentang “Serangan Virus Ransomware Wannacry” ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Selain itu kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing mata kuliah ”KOMPUTER & MASYARAKAT” atas bimbingan dan motivasinya.

Komputer Dan Masyarakat adalah mata kuliah yang sangat perlu dikembangkan dan di pahami  mengingat begitu besar peranannya dalam pendidikan, khususnya pada bidang IT dengan kode etik nya dan permasalahan nya  terutama masalah yg kami bahas segala macam bisnis dalam dunia atau bidang komputer.

Penulis menyadari akan kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.

Tangerang, 14 Mei 2017

Penyusun

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Identifikasi Masalah

1.3 Rumusan Masalah

1.4 Tujuan Penulisan

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Virus Ransomware Wannacry

2.2 Cara Kerja Virus Ransomware Wannacry

2.3 Cara Mencegah Agar Terhindar Dari Virus Ransomware Wannacry

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1       Latar Belakang

Ransomware WannaCrypt atau yang juga disebut Wannacry adalah jenis virus malware yang bekerja dengan mengunci komputer sehingga tidak dapat diakses pengguna, kemudian meminta tebusan untuk pengembalian data mereka yang berhasil dikunci. Menurut Alfons Tanujaya, praktisi keamanan internet dari Vaksincom, teknik ransomware sudah biasa digunakan oleh para hacker jahat untuk menyandera file korbannya.

 

1.2       Identifikasi Masalah

Permasalahan penelitian yang penulis ajukan ini dapat diidentifikasi permasalahannya sebagai berikut :

  • Pengertian virus ransomware wannacry
  • Cara kerja virus ransomware wannacry
  • Pencegahan agar terhindar dari virus ransomware wannacry

 

1.3       Rumusan Masalah

  • Apa pengertian virus ransomware wannacry?
  • Bagaimana cara kerja virus ransomware wannacry?
  • Bagaimana mencegah agar terhindar dari virus ransomware wannacry?

 

1.4       Tujuan Penulisan

  • Dapat mengetahui pengertian virus ransomware wannacry
  • Dapat mengetahui cara kerja virus ransomware wannacry
  • Dapat mengetahui cara mencegah virus ransomware wannacry

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

2.1       Pengertian Virus Ransomware Wannacry

Ransomware Wannacry merupakan sebuah malware yang masuk dalam sebuah sistem komputerisasi dan mengenkripsi seluruh file yang ada di komputer sehinga tidak dapat dibuka oleh penggunanya. Malware ini tidak hanya menyerang komputer – komputer klien akan tetapi juga menyerang komputer – komputer server tempat menyimpan data – data penting yang dimiliki instansi yang diserang.

2.2       Cara Kerja Virus Ransomware Wannacry

Apabila komputer mengalami masalah – masalah dibawah ini, kemungkinan besar komputer terkena Malware Ransomware Wannacry.

  1. Program Dan Tools Tidak Berfungsi

Malware ini akan melumpuhkan beberapa program atau tools yang ada pada registry komputer, sehingga apabila komputer sobat mengalaminya, bisa jadi komputer sobat terinfeksi Malware Ransomware Wannacry ini.

  1. Keyboard Dan Mouse Tidak Berfungsi

Malware Ransomware Wannacry akan mematikan fungsi keyboard dan mouse sehingga sobat tidak akan bisa menggunakan perangkat I/O tersebut. Tombol keyboard yang aktif hanyalah tombol keyboard angka dan enter.

  1. Adanya Pesan Peringatan

Pesan peringatan yang disampaikan oleh Malware Ransomware Wannacry adalah pengakuan bahwa yang melakukannya semuanya adalah para penegak hukum, tidak hanya itu sobat akan diminta untuk melakukan pembayaran agar supaya komputer sobat dapat terbebas dari Malware Ransomware Wannacry

2.3       Cara Mencegah Agar Terhindar Dari Virus Ransomware Wannacry

Seperti yang telah kita ketahui bahwa belakangan ini dunia sedang dibikin bingung dan dibikin panik oleh serangan virus Ransomware Wannacry ini, namun sebelum terkena virus tersebut ada beberapa cara mencegahnya agar terhindar dari serangan virus Ransomware Wannacry ini. Lakukan beberapa langkah berikut untuk tindakan pencegahan dari terinfeksi malware ransomware wannacry :

  1. Cabut Kabel LAN/Wifi
  2. Lakukan Backup Data
  3. Update Anti-Virus
  4. Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
  5. Jangan mengaktifkan fungsi macros
  6. Non aktifkan fungsi SMB v1
  7. Block 139/445 & 3389 Ports
  8. Ulangi, selalu backup file file penting di komputer anda dan di simpan backupnya ditempat lain

Tindakan Setelah Infeksi :

Saat ini belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file file yang sudah terinfeksi wannacry. Akan tetapi memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran wannacry ke komputer lain yang rentan vulnerable. waspadai ancaman ini dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Agar PC-PC dan bentuk Komputer Personal dan Jaringan lainnya jangan terhubung ke LAN dan Internet dulu,
  • Terlebih dahulu lakukan backup data penting,
  • Pastikan software anti virus sudah update serta security patch yang disarankan oleh microsoft dilakukan terlebih dahulu.

BAB III

PENUTUP

3.1       Kesimpulan

Wannacry menginfeksi sebuah komputer dengan meng-enkripsi seluruh file yang ada di komputer tersebut dan dengan menggunakan kelemahan yang ada pada layanan SMB bisa melakukan eksekusi perintah lalu menyebar ke komputer windows lain pada jaringan yang sama. Semua komputer yang tersambung ke internet yang masih memiliki kelemahan ini apalagi komputer yang berada pada jaringan yang sama memiliki potensi terinfeksi terhadap ancaman Wannacry.

3.2       Saran

Virus ransomware ini sudah menjalar ke seluruh dunia, jadi ada baiknya dan sudah seharusnya dicegah sebelum terkena infeksinya. Karena jika sudah terkena maka file-file dikomputer akan tidak berdaya dengan kata lain tidak bisa dibuka.