KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT sehingga penyusunan makalah tentang “Programmer” ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Selain itu kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing mata kuliah ”KOMPUTER & MASYARAKAT” atas bimbingan dan motivasinya.

Komputer Dan Masyarakat adalah mata kuliah yang sangat perlu dikembangkan dan di pahami  mengingat begitu besar peranannya dalam pendidikan, khususnya pada bidang IT dengan kode etik nya dan permasalahan nya  terutama masalah yg kami bahas segala macam bisnis dalam dunia atau bidang komputer.

Penulis menyadari akan kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.

Tangerang, 17 Juni 2017

Penyusun

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Identifikasi Masalah

1.3 Rumusan Masalah

1.4 Tujuan Penulisan

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Programmer

2.2 Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Programmer

2.3 Keterampilan Dan Kewajiban Sebagai Programmer

2.4 Kode Etik Seorang Programmer

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1       Latar Belakang

Saat ini teknologi berkembang sangat pesat, hampir semua aktivitas yang dilakukan saat ini memanfaatkan teknologi, sehingga teknologi bukanlah suatu hal yang asing bagi kita dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya teknologi dipergunakan secara intensif oleh komunitas masyarakat seperti institusi, organisasi, dan lain sebagainya. Selain dibutuhkan moral yang baik, etika juga memiliki peranan yang amat penting dalam pengunaan teknologi itu sendiri.

 

1.2       Identifikasi Masalah

Permasalahan penelitian yang penulis ajukan ini dapat diidentifikasi permasalahannya sebagai berikut :

  • Pengertian Programmer
  • Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Programmer
  • Keterampilan Dan Kewajiban Sebagai Programmer
  • Kode Etik Seorang Programmer

 

1.3       Rumusan Masalah

  • Apa pengertian Programmer?
  • Apa saja faktor yang mempengaruhi produktivitas programmer?
  • Apa saja keterampilan dan kewajiban sebagai programmer?
  • Apa saja kode etik seorang programmer?

 

1.4       Tujuan Penulisan

  • Dapat mengetahui pengertian Programmer
  • Dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi produktivitas programmer
  • Dapat mengetahui keterampilan dan kewajiban sebagai programmer
  • Dapat mengetahui kode etik seorang programmer

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

2.1       Pengertian Programmer

Programmer adalah orang yang bekerja membuat atau merancang sebuah sistem untuk membantu memudahkan  pekerjaan manusia yang menggunakan   media Komputer. Sekarang ini banyak sekali Programmer-programmer baik   freelance maupun yang tidak berlomba-lomba membuat sebuah sistem yang bisa dibilang canggih dan bermanfaat bagi manusia. Programmer adalah individu yang bertugas dalam hal rincian implementasi, pengemasan, dan modifikasi   algoritma serta struktur data yang dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu.

 

 

2.2       Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Programmer

  1. Kemampuan Pribadi.
  • Dua aspek dasar kemampuan : kecakapan umum dan terbiasa dengan aplikasi tertentu.
  • Seorang yang cakap dalam pemrograman belum tentu cakap pula dalam aplikasi sains atau sebaliknya.
  • Ketidak akraban dengan lapangan aplikasi akan menghasilkan produktivitas rendah dan kualitas yang buruk.
  • Yang dimaksud kecakapan umum adalah kemampuan dasar dalam menulis program komputer dengan benar sedangkan ukuran produktivitas seorang programmer adalah banyak baris yang dihasilkan oleh programmer tersebut per hari.

 

  1. Komunikasi Team : Meningkatnya ukuran produk yang dihasilkan akan menurunkan produktivitas programmer akibat meningkatnya kerumitan antara komponen-komponen program dan akibat meningkatnya komunikasi yang perlu dilakukan antara programmer, manajer,dan pelanggan.

 

  1. Kerumitan Produk: Tiga level kerumitan produk diantaranya program aplikasi, program utility, program level sistem.

 

  1. Kendali Perubahan: Perubahan terhadap produk harus tetap meminta persetujuan manajer sebagai penanggung jawab proyek. Dampak perubahan harus dapat ditelusuri, diuji, dan didokumentasikan.

 

  1. Tingkat Keandalan : Setiap produk harus mempunyai keandalan standar. Peningkatan keandalan dihasilkan melalui  perhatian yang sangat besar pada tahap analisa. Peningkatan keandalan akan menurunkan produktivitas.

 

  1. Pemahaman Permasalahan : Pelanggan adalah penyumbang utama terhadap kegagalan dalam memahami masalah adalah :
  • Tidak memahami permasalahan perusahaannya,
  • Tidak mengerti kemampuan dan keterbatasan komputer,
  • Tidak mempunyai pengetahuan dasar tentang logika dan algoritma.

 

  1. Pelatihan Yang Cukup : Banyak programmer yang dilatih dalam bidang-bidang  ilmu komputer, teknik elektro, akuntansi, matematika, tetapi jarang yang mendapat pelatihan dalam bidang teknik perangkat lunak.

 

  1. Ketersediaan Waktu : Penetapan lama proyek dan jumlah programmer terlibat harus mempertimbangkan kemampuan pribadi setiap programmer serta kemampuan komunikasi antar mereka.

 

  1. Fasilitas Dan Sumber daya : Fasilitas non teknis yang tetap perlu diperhatikan yang berkaitan dengan motivasi programmer misalnya mesin yang baik, serta tempat yang tenang, atau ruang kerjanya dapat ditata secara pribadi.

 

 

2.3       Keterampilan Dan Kewajiban Sebagai Programmer

Beberapa Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang programmer, antara lain :

  1. Memahami kode sumber sebuah program, dari yang sederhana hingga relatif kompleks, adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang programmer.
  2. Mampu mengimplementasikan sebuah algoritma yang berbentuk struktur data dalam sebuah program yang dimana dapat kita adaptasikan ke dalam program yang kita buat sendiri.
  3. Melanjutkan pengelolaan, menyesuaikan, mengembangkan dan (bila perlu) merombaknya untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan kemudahan perawatan di masa mendatang.
  4. Memiliki kemampuan sebagaimana dijelaskan dalam point 1 dan 2 untuk program yang ditulis dan didokumentasikan oleh programmer lain.
  5. Membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki seorang.

 

Dan ada beberapa kewajiban juga yang harus dimiliki seorang programmer, antara lain :

  1. Memahami konsep dasar sistem operasi. Memahami dasar sistem operasi itu penting supaya dalam menjalankan atau membuat suatu program aplikasi mudah karena sudah memahami cara kerja sistem operasi yang kita gunakan.
  2. Memahami konsep dasar jaringan. Sebuah aplikasi tidak dapat berjalan sendiri. Aplikasi tersebut pasti harus berhubungan dengan internet, melayani banyak pengguna
  3. Memahami konsep dasar relational database. Setiap aplikasi pasti memiliki sebuah database  dalam penyimpanan datanya untuk itu programmer khususnya Database Programmer ditekankan menguasai relational database.
  4.  Karena sekarang jaman internet, maka wajib memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP,SSH. Protokol HTTP sekarang adalah protokol yang paling banyak digunakan di internet.
  5.  Karena sekarang jaman globalisasi, maka wajib memahami Unicode. Unicode itu pentingsupaya aplikasi kita tetap bisa diinstal di komputer mana saja.
  6. Memahami lebih dari satu bahasa pemrograman. Pemahaman lebih dari satu bahasa itu penting agar wawasan programmer lebih terbuka. Bahwa tidak ada bahasa yang one-for-all.
  7. Cara menggunakan Version Control. Dalam dunia kerja, penggunaan version control adalahwajib. Ini standar (de facto) internasional. Jika mempunyai project opensource, baik diSourceforge, Apache, Codehaus, dan semua hosting project opensource, pasti programmer akandiberikan version control.

 

 

2.4       Kode Etik Seorang Programmer

Seperti halnya seorang dokter, pengacara, atau bidang lainnya, programmer komputer juga memiliki kode etik. Kode etik merupakan sesuatu hal yang harus menjadi bagian   dari seorang programmer komputer. Kode etik bersumber dari kode etik yang digunakan dalam perkumpulan programmer internasional. Adapun kode etik programmer komputer antara lain :

  1. Seorang programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware.
  2. Seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengan sengaja.
  3. Seorang programmer tidak boleh menulis dokumentasi yang dengan sengaja untuk membingungkan  atau tidak akurat.
  4. Seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode dengan hak cipta kecuali telah membeli atau telah meminta izin.
  5. Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua tanpa izin.
  6. Etika profesi yang berlaku bagi programmer di indonesia. Tidak boleh mencuri software khususnya development tools.
  7. Tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapatkan izin.
  8. Tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keuntungan dalam menaikkan status.
  9. Tidak boleh membeberkan data-data penting karyawan dalam perusahaan.
  10. Tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja dalam pengembangan suatu proyek.
  11. Tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain.
  12. Tidak boleh mempermalukan profesinya.
  13. Tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasi.
  14. Tidak boleh mengenalkan bug yang ada di dalam software yang nantinya programmer akan mendapatkan keuntungan dalam membetulkan bug.
  15. Terus mengikuti pada perkembangan ilmu komputer.

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

 

3.1       Kesimpulan

Programmer adalah orang yang menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan yang dibuat oleh sistem analis (lebih memahami teknologi komputer). Programmer yang baik adalah programmer yang memiliki keahlian-keahlian yang harus dimiliki seorang programmer dan melaksanakan tugasnya sebagai seorang programmer dengan berlandaskan kode etik programmer.