KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT sehingga penyusunan makalah tentang “Pengaruh Robot Terhadap Sumber Daya Manusia’ ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Selain itu kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing mata kuliah ”KOMPUTER & MASYARAKAT” atas bimbingan dan motivasinya.

Komputer Dan Masyarakat adalah mata kuliah yang sangat perlu dikembangkan dan di pahami  mengingat begitu besar peranannya dalam pendidikan, khususnya pada bidang IT dengan kode etik nya dan permasalahan nya  terutama masalah yg kami bahas segala macam bisnis dalam dunia atau bidang komputer.

Penulis menyadari akan kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.

 

 

 

 

 

 

Tangerang, 3 Mei 2018

 

 

Penyusun

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Kata Pengantar

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Identifikasi Masalah

1.3 Rumusan Masalah

1.4 Tujuan Penulisan

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Robot

2.2 Dampak Robot Dalam Kehidupan Manusia

2.3 Efek Positif Dan Negatif Robot Dimasa Depan

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1       Latar Belakang

Kemajuan teknologi umat manusia memang sangat mengagumkan. Bermula dari rasa ingin tahu, berkembang menjadi sebuah temuan dalam wujud nyata. Robot adalah salah satu penemuan yang paling mengagumkan dalam sejarah manusia pada abad ke-20. Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan maupun kontrol manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, khususnya teknologi elektronik, peran robot menjadi semakin penting tidak saja di bidang sains, tetapi juga di berbagai bidang lainnya, seperti di bidang kedokteran, pertanian, bahkan militer.

 

1.2       Identifikasi Masalah

Permasalahan penelitian yang penulis ajukan ini dapat diidentifikasi permasalahannya sebagai berikut :

  • Pengertian robot
  • Dampak robot dalam kehidupan manusia
  • Efek positif dan negatif robot dimasa depan

 

1.3       Rumusan Masalah

  • Apa pengertian robot?
  • Apa saja dampak robot dalam kehidupan manusia?
  • Apa saja efek positif dan negatif robot dimasa depan?

 

1.4       Tujuan Penulisan

  • Dapat mengetahui pengertian robot
  • Dapat mengetahui dampak robot dalam kehidupan manusia
  • Dapat mengetahui efek positif dan negatif robot dimasa depan

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

2.1       Pengertian Robot

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor.

Pada kamus Webster pengertian robot adalah An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings (sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia). Dari kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer (Sebuah mesin yang mampu melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer).

 

Beberapa organisasi di bidang robot membuat definisi tersendiri. Robot Institute of America memberikan definisi robot sebagai:

A reprogammable multifunctional manipulator designed to move materials, parts, tools or other specialized devices through variable programmed motions for the performance of a variety of tasks

(Sebuah manipulator multifungsi yang mampu diprogram, didesain untuk memindahkan material, komponen, alat, atau benda khusus lainnya melalui serangkaian gerakan terprogram untuk melakukan berbagai tugas).

 

2.2       Dampak Robot Dalam Kehidupan Manusia

Pada era industrialisasi yang serba modern ini, semua kegiatan yang berhubungan dengan manusia telah bertransformasi dari yang tradisional mulai beralih secara bertahap kearah yang modern. Transformasi tersebut bisa dilihal dari perkembangan teknologi yang semakin cepat dan setiap pencapain suatu kegiatan ditentukan oleh teknologi (Teknologi 2012). Adapun contoh perkembangan teknologi yaitu perkembangan teknologi Robot. Penggunaan robot saat ini sudah mencakup seluruh sendi kehidupan manusia, baik dalam industri maupun dalam kegiatan sehari-hari.

Penggunaan robot dapat membantu kegiatan atau pekerjaan manusia agar efisien dalam waktu penyelesaian, serta mengurangi tingkat resiko kecelakaan kerja. Beberapa pekerjaan manusia yang sering menggunakan bantuan mesin robot masuk kategori pekerjaan yang sukar, berbahaya dan membosankan karena membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Saat ini, robot telah digunakan sebagai mesin yang memiliki otomatisasi tinggi, mempunyai peranan yang sangat penting bagi manusia untuk digunakan dalam pekerjaan yang dirasa sangat penting. Maka dari itu, banyak perusahaan menciptakan serta menggunakan robot dalam segala hal. Beberapa robot diciptakan dengan berbagai spesifikasi berdasarkan kebutuhan. Kebutuhan tersebut bisa meliputi kebutuhan rumah tangga, industri, militer, pertanian, kelautan dll.

Robot sangat berguna dalam kehidupan manusia serta memiliki manfaat dalam kegiatan manusia. Beberapa diantaranya :

  • Manusia memiliki pekerjaan yang sulit dihadapi, dan robot dapat membantu setiap kegiatan manusia tersebut. dalam sebuah tugas yang harus memiliki konsentransi yang tinggi dan kemampuan yang cukup tinggi, robotpun dapat mengerjakan tugas-tugas tersebut.
  • Tidak ada kecacatan dalam melakukan tugas seperti apa yang dilakukan manusia. manusia cenderung memiliki sifat yang ceroboh dalam mengerjakan sesuatu. dengan dilakukan oleh robot, pekerjaan dapat lebih sempurna.

 

2.3       Efek Positif Dan Negatif Robot Dimasa Depan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa teknologi semakin berkembang, sekarang kita sudah bisa membawa komputer yang semula berukuran besar menjadi sebesar buku tulis, dan sekarang kita juga sudah mengenal yang namanya robot, entah kapan robot itu pertama kali diciptakan yang pasti dengan kehadiran robot tersebut dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Berikut adalah efek positif dan efek negatif robot dimasa depan :

  1. Efek Positifnya
  • Robot bisa membantu menjinakan bom, mencari bom, dll.
  • Robot bisa berjalan dengan bebas diluar angkasa tanpa adanya oksigen,robot tersebut sangat berguna untuk penelitian luar angkasa.
  • Robot bisa melakukan semua yang manusia sulit untuk melakukannya, tentu saja dengan bantuan program yang sudah terinstal pada diri si robot tersebut.

 

  1. Efek Negatifnya
  • Dengan adanya robot bisa membuat manusia menjadi malas bekerja, malas berjalan mengunakan kaki, jarang memakai otak mereka untuk berfikir, dan badan yang semula normal menjadi gemuk dan tulang menjadi menciut karena timbunan lemak yang menggumpal.
  • Akan lebih banyak pengangguran karena sebagian besar pekerjaan manusia akan diambil alih dengan robot dan munkin bisa terjadi kerusuhan yang diakibatkan oleh robot.

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1       Kesimpulan

Mesin atau robot merupakan peralatan yang tepat untuk membantu perkerjaan manusia dalam bidang apapun, tetapi kinerja sumber daya manusia tetaplah tidak bisa di gantikan sepenuhnya oleh mesin atau robot. selama kita masih memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu pekerjaan maka lakukanlah.

 

3.2       Saran

Mesin atau robot memanglah dapat mempermudah pekerjaan berat atau rumit, tetapi kinerja sumber daya manusia tetaplah tidak bisa digantikan sepenuhnya dengan kinerja mesin atau robot. Mesin atau robot dapat dikombinasikan dengan manusia dalam hal pekerjaan yang berat yang harus menggunakan peralatan yang memadai seperti mesin atau robot dengan kontrol manusia.