Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT sehingga penyusunan makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Selain itu kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing mata kuliah ”KOMPUTER & MASYARAKAT” atas bimbingan dan motivasinya.

Komputer Dan Masyarakat adalah mata kuliah yang sangat perlu dikembangkan dan di pahami  mengingat begitu besar peranannya dalam pendidikan, khususnya pada bidang IT dengan kode etik nya dan permasalahan nya  terutama masalah yg kami bahas segala macam bisnis dalam dunia atau bidang komputer.

Penulis menyadari akan kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.

Tangerang Selatan, 3 April 2017

Penyusun

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Kata Pengantar

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Identifikasi Masalah

1.3 Rumusan Masalah

1.4 Tujuan Penulisan

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Monitor

2.2 Pengaruh Radiasi Monitor

2.3 Cara Menjaga Mata Agar Terhindar Dari Radiasi Monitor

2.4 Dampak Monitor Terhadap Fisik Manusia

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1       Latar Belakang

Komputer kini telah banyak digunakan oleh masyarakat umum, baik di perkantoran maupun di perumahan. Karena dianggap dapat memudahkan suatu perkerjaan. Komputer juga banyak dipakai oleh berbagai profesi, seperti desainer, pengajar, akuntan, fotografer, dan masih banyak lagi. Karena dianggap komputer memiliki multi fungsi. Namun dibalik keserbagunaannya, komputer juga dapat merusak kesehatan kita, terutama mata. Karena radiasi yang dikeluarkan oleh monitor atau komputer itulah yang dapat mengganggu kesehatan mata. Seiring dengan perkembangan teknologi, radiasi komputer pun dapat diminimalis. Dahulu layar monitor komputer berbentuk seperti balok, sangat besar dan radiasi yang dihasilkan juga cukup besar. Namun sekarang layar monitor sudah ramping dan radiasinya pun sudah semakin kecil, atau sering disebut dengan layar LCD.

 

1.2       Identifikasi Masalah

Permasalahan penelitian yang penulis ajukan ini dapat diidentifikasi permasalahannya sebagai berikut :

  • Pengertian monitor
  • Pengaruh radiasi monitor
  • Cara Menjaga Mata Agar Terhindar Dari Radiasi Monitor
  • Dampak Monitor Terhadap Fisik Manusia

 

1.3       Rumusan Masalah

  • Apa pengertian monitor?
  • Bagaimana pengaruh radiasi monitor?
  • Bagaimana cara menjaga mata agar terhindar dari radiasi monitor?
  • Apa saja dampak monitor terhadap fisik manusia ?

 

1.4       Tujuan Penulisan

  • Dapat mengetahui pengertian monitor
  • Dapat mengetahui pengaruh radiasi monitor
  • Dapat mengetahui cara menjaga agar terhindar dari radiasi monitor
  • Dapat mengetahui dampak monitor terhadap fisik manusia

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

2.1       Pengertian Monitor

Monitor atau dengan istilah lain disebut VDU (Video Display Unit),  merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu unit komputer. Bagian monitor  inilah yang paling sering kita pandang bila kita memakai komputer.  Fungsi monitor adalah memperagakan data atau proses yang terjadi dalam CPU secara visual. Proses yang terjadi dalam CPU (Central Processing Unit)  dikonversikan oleh suatu “ Adapter Vide / Video board “ dari data yang digital menjadi sinyal yang akan disalurkan melalui kabel penghubung ke monitor.

Monitor yang memakai sistem CRT (Cathode Ray tube) bekerja dengan cara memancarkan elektron-elektron . Elektron-elektron ini menyapu layar dari kiri ke kanan dengan jalur-jalur dari atas ke bawah dalam pola yang disebut “raster” CRT atau yang lebih umum disebut  Tabung Sinar Katoda merupakan tabung pembungkus  yang dibuat dari kaca dan mengandung satu susunan penembak elektron dan mengeluarkan berkas-berkas elektron yang diarahkan pada layar fluoresen. Bila berkas tersebut terkena cahaya, maka layar mengeluarkan sinar dengan gelombang yang lebih panjang.  Pancaran – pancaran elektron ini menimbulkan cahaya yang terang. Bergantung intensitas pancaran elektron tadi. Cahaya ini sangat cepat menghilang. Untuk itu pancaran elektron harus tetap menyapu layar secara teratur untuk mempertahankan banyangan yang terjadi. Ini biasa disebut penyegaran ulang atau “refresh” layar. Monitor umumnya memiliki laju penyegaran (vertical scan rate) 60 hertz, yang maksudnya layar disegarkan kembali sebanyak 60 kali per detik.  Jika laju penyegaran rendah, maka akan mengakibatkan layar tampak berkedip-kedip. Hal ini akan cepat melelahkan mata kita, maka sebaliknya kita memakai monitor dengan “vertical scan rate” 70 hertz ke atas sudah cukup baik untuk digunakan.

 

 

2.2       Pengaruh Radiasi  Monitor

Secara luas, memang dikenal beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pemakaian komputer, antara lain Repetitive Stress/Strain Injury (RSI), Kelelahan Mata dan Sakit Kepala, Asthenopia, Nyeri dan gangguan lainnya,

  1. Repetitive Stress/Strain Injury (RSI) merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangka otot ( Musculoskeletal ). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja ( Work-Related Upper Limb Disorders ) dan luka penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja ( Occupational Overuse Injuries ).

 

Gejala awal RSI dapat muncul pada berbagai tempat dari pangkal lengan hingga ke ujung tangan. Gejala yang menjadi tanda peringatan menyangkut :

  • Kesulitan membuka dan menutup tangan
  • Otot tangan terasa kaku ( misalnya hingga kesulitan mengancing baju )
  • Kesulitan menggunakan tangan (untuk membalik halaman buku, memutar tombol, memegang mug)
  • Bangun dengan rasa sakit di pergelangan tangan atau mati rasa di tangan, terutama di awal pagi hari
  •  Tangan terasa dingin
  • Tangan gemetar ( Tremor )
  • Tangan terasa canggung, bergetar atau bahkan mati rasa

 

  1. Kelelahan mata dan sakit kepala, merupakan keluhan yang paling banyak dikeluhkan para pemakai komputer, Computer Vision Sindrome ( CVS ) sendiri merupakan kelelahan mata yang dapat mengakibatkan sakit kepala, penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah penglihatan lainnya.

 

  1. Asthenopia, yaitu pupil mata menjadi lambat bereaksi terhadap cahaya, karena terlalu lama terkena cahaya yang berlebihan (dapat mencapai 75 %–90 % menurut laporan WHO).

 

 

2.3       Cara Menjaga Mata Agar Terhindar Dari Radiasi Monitor

Pada dasarnya, sangatlah mudah untuk mencegah gangguan dan juga kerusakan pada mata akibat komputer. Berikut ini adalah beberapa tips dan juga hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah agar mata anda tidak mengalami kerusakan akibat penggunaan komputer :

  • Jaga jarak pandang mata anda dari layar komputer, minimal 30 CM
  • Pilih layar monitor yang memiliki resolusi tinggi
  • Pencahayaan disekitar komputer pun harus mencukupi, jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A
  • Batasi waktu menggunakan komputer, jangan lebih dari 3 jam full non stop setiap harinya.
  • Beristiratlah apabila mata anda sudah terasa berat dan juga lelah

 

Para pakar kesehatan mengatakan, dalam kehidupan sehari-hari dimana-mana terdapat radiasi gelombang elektromagnet. Sehingga semua orang harus mampu melindungi diri secara inisiatif, tapi tak perlu merasa terlalu tegang dan ketakutan, meski akibat gelombang elektromagnet dapat menimbulkan kanker dan penyakit lain.

 

 

2.4       Dampak Monitor Terhadap Fisik Manusia

Bagi kondisi fisik manusia itu sendiri, penggunaan komputer tentu saja bisa memberikan dampak negative, terutama apabila user atau pengguna komputer tersebut tidak mematuhi aturan-aturan penggunaan komputer dengan baik. Seperti cara duduk, cara membaca dan menatap layar komputer, hingga penggunaan komputer yang berlebihan.

Salah satu bagian fisik yang sering terkena dampak dan juga bahaya dari komputer adalah bagian mata, yang merupakan bagian visual seseorang. Mata sangat berhubungan erat dengan tampilan atau display dari sebuah komputer. Berikut ini adalah beberapa bahaya komputer terhadap mata:

  • Menyebabkan gangguan penglihatan, seperti mata minus
  • Mata menjadi lelah dan mengalami pusing
  • Mata memerah dan terasa perih
  • Ketajaman penglihatan berkurang

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1       Kesimpulan

Monitor atau dengan istilah lain disebut VDU (Video Display Unit),  merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu unit komputer. Bagian monitor  inilah yang paling sering kita pandang bila kita memakai komputer.  Dalam penggunaan komputer terdapat radiasi-radiasi layar monitor yang dapat mengganggu kesehatan.