Adjective Clause

Pengertian, Fungsi, Rumus dan Contoh Adjective Clause

Adjective clause merupakan salah satu bagian atau elemen penting yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Jadi jika kamu ingin memahami teks atau percakapan dalam bahasa Inggris yang sudah menggunakan tata bahasa yang kompleks, maka kamu harus menguasai benar cara penggunaan adjective clause. Materi yang satu ini dibilang kompleks karena ada kalimat di dalam kalimat, sehingga jika kita salah menentukan subjek utama dan subjek untuk kalimat yang itu adalah adjective clause, maka bisa mengakibatkan salah paham.

 

  1. Pengertian Adjective Clause

Apa itu adjective clause? Adjective clause adalah grammar yang terdiri dari dua kata, yaitu adjective dan clause. Adjective berfungsi untuk menjelaskan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti benda). Sedangkan clause adalah kumpulan dua kata atau lebih yang memiliki subjek tapi belum sempurna sehingga belum bisa dikatakan kalimat.

Jadi yang dimaksud dengan adjective clause adalah kumpulan dua kata atau lebih (yang mengandung subjek dan verb) yang berfungsi sebagai kata sifat (adjective).

Perhatikan contoh di bawah ini:

  • The girl who looks sad is reading a novel (Gadis yang terlihat sedih itu, sedang membaca novel).
  • Klausa: who looks sad berupa subjek dan verb yang bertugas sebagai kata sifat yang menjelaskan “The girl”.

 

  1. Fungsi Adjective Clause

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa adjective clause berfungsi sebagai kata sifat (adjective) yang menjelaskan sebuah kata benda sehingga membuat sebuah kata benda yang umum menjadi lebih spesifik atau lebih khusus.

Misal contoh diatas, jika kita tidak memberi adjective clause pada kalimat “the girl is reading a novel” sementara ada dua gadis yang sama-sama membaca novel di tempat yang sama, tentu pendengar akan bingung. Oleh karena itu harus lebih diperjelas, mana gadis yang dimaksud oleh pembicara dengan memberikan adjective cluase.

 

  1. Rumus Adjective Clause

Adjective clause bisa berupa relative pronoun maupun relative adverb :

  • Relative Pronoun

Relative pronoun adalah klausa yang diawali dengan who, whom, which, whose, that yang berfungsi untuk menjelaskan atau menggambarkan sebuah noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti benda).
Contoh:
The man who called me last night is my father (Pria – yang memanggilku kemarin malam – adalah ayahku). Kalimat inti yang sebenarnya adalah: The man is my father. Sementara klausa “who called me last night” hanyalah sebagai adjective clause yang menjelaskan kata The man agart tidak salah dengan the man yang lain.
Dalam praktik, kata-kata who, whom, which, whose dan that sering dihilangkan untuk menyederhanakan kalimat. Tapi yang jelas tidak mengurangi arti dan maksud dari kalimat tersebut.
Contoh:
You are the one whom I love > You are the one I love. Artinya tetap sama, yaitu kamu adalah orang yang aku cintai.

 

  • Relative Adverb

Sementara itu, relative adverb adalah klausa yang diawali dengan kata where, when dan why yang juga berfungsi untuk menjelaskan atau menggambarkan kata benda (noun).
Contoh:
This is the place where we met last year (Ini adalah tempat – dimana kita bertemu tahun lalu). Kalimat intinya adalah this is the place. Sementara klause “where we met last year” adalah adjective clause yang menjelaskan the place.

 

  1. Contoh Kalimat Adjective Clause
  1. The car that I bought last year was belong to my neighbor.
  2. I don’t know the man who came in to your home.
  3. I will donate my money to whom ask for it first.
  4. The man whose hat is white is my uncle.
  5. We have arrived to the town where I was born.
  6. Tanda Baca Adjective Clause

Pada adjective clause ada sebuah peraturan yang mewajibkan kita untuk menggunakan tanda baca koma, namun ada juga yang tidak. Namun, hal yang perlu dicatat adalah ketika Anda membuat klausa ini dan mengandung informasi yang penting maka hindari penggunaan tanda baca koma. Kebalikannya, jika clause tidak mengandung material atau hal penting, sebaiknya gunakanlah tanda koma, sebagai jeda.

Contoh :

  1. Junk which most people like is not healthy (Makanan cepat saji yang disukai banyak orang itu tidak sehat)
  2. The motorcycle, which is lost, has not been found until now (sepeda motor yang hilang belum ditemukan juga sampai sekarang)
  3. My sister, who said having a broken leg, sprinted after the car (Saudara perempuanku, yang bilang kakinya patah. Berlari mengejar mobil)