Jelaskan Definisi Bela Negara sesuai dengan pasal-pasal UUD 1945 dan jelaskan pasal-pasal tersebut serta jelaskan pembelaan negara tentang hak dan kewajiban Warga Negara Indonesia. Berikan contohnya!

Jawab:

Bela Negara menurut UU No 3 tahun 2002 adalah sikap dan perilaku warga Negara yang di jiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara. Pembelaan Negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga Negara. Berikut ini adalah Pasal yang terkait dalam Pembelan Negara serta pertahanan dan keamanannya, antara lain:

  1. Pasal 27 ayat (3) menyatakan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib turut serta dalam upaya pembelaan negara”. Maksudnya rakyatnya sebagai warga negara harus selalu siaga dalam usaha untuk membela bangsa dan negara.
  2. Pasal 30 ayat (1) menyatakan bahwa “Tiap-tiap warga berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”. Maksudnya adalah bahwa setiap orang harus menjaga pertahanan dan setiap warga Negara mampu menjaga keamanan agar tidak terjadi keresahan di masyarakat.

 

Contohnya :

  • Menjaga dan mengamankan ketertiban setiap daerah
  • Mentaati peraturan yang di tetapkan oleh pemerintah
  • Menjaga negara dari penjajah