SISTEM FILE

Assalamualaikum r.Wb

Konsep File

File adalah unit penyimpanan logika yang diabstraksi sistem operasi dari perangkat penyimpanan. File berisi informasi yang disimpan pada penyimpanan sekunder (seperti magnetic disk, magnetic tape dan optical disk). Informasi dalam file didefinisikan oleh pembuatnya. Sebuah file mempunyai struktur tergantung tipenya. Tipe file terdiri dari data baik data numeric, karakter maupun binary serta program misalnya source program, objec program dan executable program.
Atribut File
Sebuah file mempunyai atribut yang berbeda antara sistem operasi satu dengan lainnya, tetapi secara umum terdiri dari :
1. Nama, informasi disimpan dalam bentuk yang dapat dibaca manusia.
2. Tipe, diperlukan sistem yang mendukung tipe yang berbeda.
3. Lokasi, pointer ke lokasi file pada perangkat.
4. Ukuran, ukuran file saat ini.
5. Proteksi, mengontrol siapa yang dapat membaca, menulis dan mengeksekusi.
6. Waktu, tanggal dan identifikasi user, data untuk monitoring proteksi, sekurity dan penggunaan. Informasi file disimpan dalam struktur direktori yang diatur oleh disk.
Operasi Pada File
Sebagai data abstrak, perlu didefinisikan operasi yang dapat dibentuk oleh file. Terdapat sistem operasi dasar yang disediakan sebagai sistem call yaitu :
1. Membuat file (create)
2. Menulis file (waktu)
3. Membaca file (read)
4. Reposisi dalam file (file seek)
5. Menghapus file ( delete)
6. Memotong file (truncate)
7. Open (fi) memncari struktur direktori untuk entry fi dan memindahkan isi entry ke memori.
8. Close (fi) memindahkan isi entry fi di memori ke struktur direktori pada disk.
Operasi tambahan biasanya dilakukan terhadap file adalah menambah (append) informasi baru pada akhir file yang sudah ada, mengubah nama (rename) file yang sudah ada, dan membuat duplikasi (copy) file.
Tipe File
Slah satu pertimbangan penting dalam merancang sistem file dan keseluruhan sistem operasi adalah apakah sistem operasi mengenali dan mendukung sistem file. Bila sistem operasi mengenali tipe suatu file, mau dapat dilakukan operasi terhadap file dengan cara yang rasional.
Struktur File
Tipe file yang digunakan untuk menunjukkan struktur internal dari file. File tertentu harus konfirmasi ke struktur yang dibutuhkan yang dimengerti oleh sistem operasi.

Wassalamualaikum Wr.Wb