PROXY SERVER
Proxy server
( Foto : maxmanroe.com )
Assalamualaikum Wr.Wb

Dalam jaringan komputer, server proxy adalah server (sistem komputer atau aplikasi) yang berfungsi sebagi perantara permintaan dari klien untuk mencari sumber daya ke server lain. Sebuah komputer klien terhubung ke server proxy, meminta beberapa service, seperti file, koneksi, halaman web, atau sumber daya lainnya yang tersedia dari server yang berbeda. Server proxy mengevaluasi permintaan menurut aturan penyaringan sebagai contoh, menyaring traffic dengan alamat IP atau protokol. Jika permintaan di validasi oleh filter, proxy menyediakan sumber daya dengan menghubungkan ke server yang relevan dan meminta layanan atas nama klien. Sebuah proxy opsional dapat mengubah permintaan klien atau respon server dan kadang-kadang mungkin melayani permintaan tanpa menghubungkan server yang ditentukan.

Sebuah proxy server memiliki berbagai macam tujuan potensial, misalnya :
1. Untuk menjaga mesin di baliknya menjadi anonim (terutama untuk keamanan)
2. Untuk mempercepat akses ke sumber daya (mengggunakan cache). Web proxy biasanya digunakan untuk cache halaman web dari server web.
3. Untuk menerapkan kebijakan akses ke layanan jaringan atau konten, misalnya untuk memblokir situs yang tidak diinginkan.
4. Untuk log/penggunaan audit, yaitu untuk menyediakan pegawai perusahaan pelaporan penggunaan internet.
5. Untuk bypas keamanan/kontrol orangtua
6. Untuk memindai konten menular malware sebelum pengiriman
7. Untuk memindai konten outbout, misalnya untuk perlindungan data kebocoran
8. Untuk menghindari pembatasan regional
B. Proxy Sebagai Gateway
Dalam suatu jaringan lokal yang terhubung ke jaringan lain atau internet, tetepi harus melewati suatu gateway, yang bertindak sebagai batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Gateway ini sangat penting, karena jaringan lokal harus dapat dilindungi dengan baik dari bahaya yang mungkin berasal dari internet, dan hal tersebut akan sulit dilakukan dengan baik ada garis batas yang jelas jaringan lokal akan terhubung kepadanya, dan suatu koneksi ke jaringan luar juga terhubung kepadanya. Dengan demikian, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama. Dalam hal ini, gateway adalah juga sebagi proxy server, karena menyediakan layanan sebagai perantara antara jaringan lokal dan jaringan luar atau internet.

Diagram berikut menggambarkan posisi dan fungsi dari proxy server, di antara pengguna dan penyedia layanan :

Hasil gambar untuk Diagram proxy server
( Foto : linuxindo.com )
C. Jenis-jenis Proxy Server
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa sebuah proxy server memiliki berbagai macam fungsi atau tujuan potensial. Berikut ini akan dijelaskan proxy server yang berfungsi sebagai cache proxy (mempercepat akses ke sumber daya), filter proxy (memfilter akses ke situs-situs tertentu) dan juga jenis proxy yang lain.
a. Cache Proxy
Salah satu fungsi dasar dan sangat penting dari suatu proxy server adalah caching. Proxy memiliki mekanisme penyimpanan objek-objek yang sudah pernah diminta dari server-server di internet disebut Caching. Karena itu proxy server yang juga melakukan proses caching juga bisa disebut cache server.
Sebuah cache proxy dapat mempercepat permintaan layanan dengan mengambil konten yang di simpan dari permintaan sebelumnya yang dibuat oleh klien yang sama atau bahkan klien lain. Cache proxy menyimpan salinan setempat dari sumber daya yang sering diminta, yang memungkinkan organisasi besar untuk secara signifikan mengurangi penggunaan bandwidth dan meningkatkan kinerja. Sebagian besar ISP dan bisnis besar memiliki chache proxy. Cache proxy adalah jenis pertama dari server proxy.
b. Filter Proxy
Sebuah content filtering web proxy memberikan kontrol administratif terhadap konten yang mungkin ini bisa membatasi akses komputer klien ke situs-situs atau konten tertentu. Hal ini umumnya digunakan baik di organisasi non komersial maupun di organisasi komersial (terutama sekolah). Untuk memastikan bahwa penggunaan internet sesuai dengan kebijakan penggunaan yang diterima.
Beberapa metode yang digunakan untuk konten penyaringan meliputi URL atau blacklist DNS, URL rege-rege penyaringan, MIME penyimpanan atau kata kunci penyaringan konten.
c. Transparent Proxy
Dengan menggunakan transparent proxy maka kita tidak perlu menyeting proxy pada web browser klien, sehingga browser akan otomatis melewati proxy pada saat mengakses web. Jadi transparent proxy ini sangat bermanfaaat untuk memastikan bahwa semua klien pasti melewati proxy.
Wassalamualaikum Wr.Wb