Proses Dalam Sistem Operasi
Assalamualaikum Wr.Wb
Perkembangan sistem komputer mendatang adalah menuju ke sistem multiprocessing, multiprogramming, terdistribusi dan paralel yang mengharuskan adanya proses-proses yang berjalan bersama dalam waktu yang bersamaan. Hal demikian merupakan masalah yang perlu perhatian dari perancang sistem operasi. Kondisi dimana pada saat yang bersamaan terdapat lebih dari satu proses disebut dengan kongkurensi (proses-proses yang kongkuren).
Proses-proses yang mengalami kongkuren dapat berdiri sendiri (independen) atau saling berinteraksi, sehingga membutuhkan sinkronisasi atau koordinasi proses yang baik.
1. MULTIPROGRAMMING (MULTITASKING)
Multiprogramming adalah manajemen banyak proses pada satu pemroses. Istilah yang digunai multiprogramming (multitasking) bukan multiprocessing. Multiprocessing telah digunakan untuk konsep lain, yaitu komputer dengan banyak pemroses dari satu sistem komputer dengan masing-masing pemroses melakukan pemrosesan secara indepeden.
2. MULTIPROCESSING
Multiprocessing adalah manajemen banyak proses di komputer multiprocessor (banyak pemroses di dalamnya). Dulunya sistem ini hanya terdapat di sistem besar, mainframe dan minikomputer. Saat ini komputer workstation telah dapat dilengkapi multiprocessor. Menggunakan komputer semaksimal mungkin dengan beberapa CPU sehingga beberapa program bisa dijalankan secara bersama-sama, masing-masing dengan menggunakan procesornya sendiri-sendiri. Sistem operasi Microsoft Windows NT, UNIX, LINUX menyediakan dukungan processing.
3. DISTROBUTED PROCESSING / COMPUTING
Distributed processing adalah manajemen banyak proses yang dieksekusi di banyak sistem komputer yang tersebar (terdistribusi). Trend masa datang adalah mampu komputasi tersebar (Distributed Computing). Banyak rised dan pengembangan sistem operasi tersebar antara AMOEBA, MACH, dan lain-lain.
Wassalamualaikum Wr.Wb