Asslamualaikum Wr.Wb

Sebuah jaringan komputer biasanya didukung oleh perangkat jaringan komputer yang lengkap agar fungsi dan manfaat dari jaringan komputer maksimal. Perangkat jaringan komputer sangat diperlukan mengingat hal ini adalah tool pokok yang harus ada dalam sebuah jaringan komputer.

1. Perangkat Keras (Hardware)

a. Komputer Server
Komputer server biasanya mempunyai sistem operasi, aplikadi dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain (client) dalam jaringan.
Jika sebuah jaringan komputer tersebut terkoneksi dengan internet, maka komputer server ini juga berfungsi sebagai gateway.
b.Komputer Client
Komputer client merupakan komputer yang digunakan untuk mengolah data yang diambil dari server dengan kata lain komputer yang menerima pelayanan dari komputer server.
c. NIC (Network Interface Card) atau Kartu Jaringan
NIC merupakan sebuah perangkat keras komputer yang dirancang agar memungkinkan komputer melakukan komunkasi dalam jaringan.
d. Hub Konsentratator
HUB merupakan perangkat keras jaringan berfungsi untuk membagi dan menguatkan sinyal data kartu jaringan. Dengan hub ini, sebuah kabel dari komputer server dibagi menjadi beberapa komputer client. Hub mempunyai beberapa port sebagai konektor kabel dari komputer, atau perangkat lain yang terhubung dalam jaringan. Jumlah port pada hub bervariasi diantaranya 6, 8 dan 24.
e. Kabel Data Konektor
Dalam sebuah jaringan kabel berfungsi sebagai penghubung. Ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer. Diantaranya BNC Connector, Twisted Pair Ethernet, Konektor RJ-11 atau RJ-45, Fiber Optic (FO), dan Router.
2. Perangkat Lunak (Software)
a. Sistem OPerasi (Operating System)
Untuk system operasi yang tidak perlu menjadi masalah, karena memang hampir semua sistem operasi yang sekarang ini sudah mampu untuk membangun jaringan komputer. Sitem operasi yang umum digunakan biasanya : Windows dari Microsoft dan Linux.
Masing-masing sistem operasi mempunyai keunggulan dan kelemahan tersendiri, jadi terserah anda mau menggunkan sistem operasi yang mana.
b. Driver
Driver ini adalah sebuah program komputer kecil yang biasanya menjadi satu paket dengan perangkat yang akan dipasang pada komputer. Misalnya, pada saat kita akan memasang perangkat tambahan NIC (Network Interface Card), jika komputer kita tidak mengenal NIC yang akan dipasang maka kita memerlukan driver tambahan untuk meginstalasinya. Maka dari itu, driver juga perlu dalam sebuah jaringan komputer.
Wassalamualaikum Wr.Wb