Pengertian Sistem Operasi

Assalamualaikum Wr.Wb

Sistem Operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer.Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan serta pemanfaatan sumber daya sistem operasi
Fungsi Dasar
Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari 4 komponen utama, yaitu perangkat keras, program aplikasi, sistem operasi dan para pengguna.
Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
Sistem operassi juga sering dsebut resource allacator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (erorr) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
Tujuan mempelajari sistem operasi agar dapat merancang sendiri serta dapat memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita, agar dapat memilih alternatif dan agar konsep & teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lainnya.
Wassalamualaikum Wr.Wb