Metode Akses Pada Sistem File

 

Assalamualaikum Wr.Wb

METODE AKSES

File menyimpan informasi. Bila digunakan, informasi tersebut harus diakses dan dibaca ke memory. Terdapat ada 3 cara mengakses informasi pada file yaitu Akses Berurutan (Sequential Access), Akses Langsung (Direct Access atau Relative Access) dan Metode Akses Lain.
1. Akses Berurutan (Sequential Access)
Akses berurutan merupakan metode akses paling sederhana. Informasi pada file diproses berurutan,  satu record di akses setelah record yang lain. Metode akses ini berdasarkan metode tape dan disk. File yang bekerja dengan perangkat sequential-access atau random-access.
2. Akses Langsung (Direct Access)
File merupakan logical record dengan panjang tetap yang memungkinkan program membaca dan menulis record dengan cepat tanpa urutan tertentu. Metode akses langsung berdasarkan model disk dari suatu file, memungkinkan acak ke sembarang blok file, memungkinkan blok acak tersebut dibaca atau ditulis.
3. Metode Akses Lain
Metode akses lain dibangun berpedoman pada metode direct access. Metode tambahan ini biasanya melibatkan konstruksi indeks untuk file. Indeks, seperti indeks pada bagian akhir buku, berisi pointer ke blok-blok tertentu. Untuk menentukan masukan dalam file, pertama di cari indeks, dan kemudian menggunakan pointer untuk mengakses file secara langsung dan menemukan masukan yang tepat.

Wassalamualaikum Wr.Wb