MAIL SERVER
Mail server
( Foto : byteplant.com )
Assalamualaikum Wr.Wb
A. Pengertian Mail Server
Mail server atau E-Mail server adalah perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respon atas permintaan yang dikirm via email, email server juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa FTP. Selain itu mail server juga dapat dikatakan sebagai aplikasi yang digunakan untuk penginstalan email.
Sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan jenis aplikasi pernagkat lunak komputer yang juga disebut Mail Server, hal ini dianggap sebagai jantung dari setiap email sistem. Mail server biasanya dikelola oleh seorang yang biasanya dipanggil post master. Tugas post master adalah mengelola acccount, memonitor kinerja server dan tugas administratif lainnya.
B. Protokol Pada Mail Server
Protokol yang umum digunakan antara lain protokol SMTP, POP3 dan IMAP. STMP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan sebagai standar untuk menampung dan mendistribusikan email. POP3 (Post Office Protocol 3) dan IMAP (Internet Message Access Protocol) digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote yaitu tidak perlu login ke dalam sistem shell mail server teteapi cukup menghubungi port tertentu dengan mail client yang mengimplementasikan protokol POP3 dan IMAP.
C. Server Pada Mail Server dan Penjelasannya
Pada mail server terdapat 2 server yang berbeda yaitu :
1. Outgoing Server (Sending Email) : Protokol server yang menangani adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25.
2. Incoming Server (Receiving Email) : Protokol server yang menangani adalah POP3 (Post Office Ptotocol) pada port 110 atau IMAP (Internet Message Access Protocol) pasa port 143.
Penjelasan dari server yang menangani Outgoing Email dan Incoming Email sebagai berikut :
SMTP Server : Saat anda mengirimkan email maka email anda ditangani SMTP Server dan akan dikirim ke SMTP Server tujuan, baik secara langsung maupun melalui beberapa SMTP Server dijalurnya. Apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan dimasukan ke dalam quene dan di resend setiap 15 menit, apabila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim.
POP3 Server : Jika menggunakan POP3 Server, apabila kita akan membaca email maka email pada server di download sehingga email hanya akan ada pada mesin yang mendownload email tersebut (kita hanya bisa membaca email tersebut pada device yang mendownload email tersebut).
IMAP Server : Jika menggunakan IMAP Server, email dapat dibuka kembali lewat device yang berbeda.
Wassalamualaikum Wr.Wb