DNS (Domain Name System) dan Web Server

Assalamualaikum Wr.Wb
A. PENGENALAN DNS (Domain Name System)
Domain name system adalah sistem distribusi database yang mengelola seluruh segment database, tentunya data dalam setiap jaringan dengan model client server. Awal dari suatu sistem DNS berawal mula dari jaringan kecil ARPANET, dengan menggunakan mekanisme single file hosts.txt (/etc/hosts pada sistem unix) pada setiap client yang terhubung ke jaringan, sehingga mampu untuk mengenali satu dama lainnya. File tersebut digunakan untuk proses revolusi file hosts berisi nama-nama domain yang pointing ke informasi tentang individual hostname-hostname san IP dan sebuah domain berisi semua host-host yang terdapat nama-nama didalamnya.
DNS name server berisi informasi beberapa segment database dan menyediakan informasi yang diperlukan oleh client untuk proses revolusi. Programnya dinamakan resolver. Resolver itu sendiri merupakan library routime yang membuat querty dan mengirim permintaan tersebut melalui jaringan ke name server yang telah didefinisikan di resolver (/etc/resolve.conf).
B. CARA KERJA DNS NAME SERVER
Setiap permintaan client akan diarahkan ke file hosts untuk mengetahui letak hostname servernya. Apakah hostname atau mesin server yang di tuju milik ida atau bukan ? Jika bukan untuk dirinya, maka permintaan akan diteruskan ke resolver untuk mencari tahu letak nameserver, sehingga resolver akan memberikan route permintaan query ke nameserver yang ditunjuk oleh resolver.
Name server yang berisi informasi database semua host server, kemudian akan melakukan proses penerjemahan baik dari nama domain ke IP address atau sebaliknya, berdasarkan file database yang ada pada mesin itu sendiri.
Yang perlu diperhatikan adalah jika ternyata permintaan masih dalam area lokal jaringan maka permintaan akan langsung diteruskan ke server tujuan. Namun bila bukan maka file db.root dan direktif forward dan publik akan digunakan untuk menghubungkan ke root DNS publik internet, sehingga permintaan di proses oleh DNS publik. Server DNS publik tersebutlah yang menjawab permintaan client.
Wassalamualaikum Wr. Wb